Jembatan Terpanjang Di Dunia,Jembatan Selat Sunda


Blog-thelounge.blogspot.com-Jembatan Selat Sunda yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatra rencananya akan dibuat enam lajur kendaraan, masing-masing tiga lajur dalam satu ruasnya. Jembatan selebar 60 meter ini juga dilengkapi dua jalur pejalan kaki dan jalur darurat.

Tak hanya itu, dalam prastudi kelayakan yang dibuat PT Wiratman & Associates dan PT Bangungraha Sejahtera Mulia (Artha Graha Group), jembatan ini juga akan dilengkapi dua rel kereta.

Jembatan rencananya akan berada pada 70 meter di atas permukaan laut, dan melewati tiga pulau-pulau kecil di selat itu, yaitu Pulau Prajurit, Ular, dan Sangiang. Ini merupakan jembatan dengan panjang 29 kilometer yang akan menjadi jembatan terpanjang di dunia.

Salinan makalah Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Mohamad Wahid Supriyadi yang diperoleh VIVAnews, Rabu 19 Agustus 2009, menyatakan, sebagai jembatan terletak di daerah rawan gempa bumi dan tsunami, pembangunan jembatan akan mencakup empat tahapan penting yang melibatkan hydrographic, oceanographic, geologi, seismological, keikliman, dan aspek lingkungan.

“Para ahli mengatakan secara teknologi, jembatan itu layak. Meski daerah ini rawan dengan gempa lebih dari tujuh pada skala Richter yang menyebabkan tsunami,” kata Wahid dalam makalah yang disampaikan kepada Deputi Perdana Menteri Uni Emirat Arab di Abu Dhabi, 21 Juli 2008.

“Mahalnya jembatan tak akan berarti bila dibandingkan dengan keselamatan.” Rencananya, pembangunan jembatan ini akan menghabiskan dana Rp 100 triliun dan Rp 500 miliar per tahun untuk operasional jembatan itu.

Wahid yang mengutip Wiratman Wangsadinata, bahan konstruksi yang fleksibel akan digunakan untuk melindungi jembatan terhadap gempa bumi hingga sembilan magnitudes seperti Jembatan Messina Strait di Italia.

Menurut Wahid, pengembangan Jembatan Selat Sunda sangat layak bila dibandingkan dengan terowongan bawah laut. Bila membuat terowongan, biaya operasional dan pemeliharaan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jembatan.

“Saat ini pemerintah menyiapkan Keputusan Presiden yang akan menetapkan Departemen Pekerjaan Umum untuk melakukan kajian lebih lanjut mengenai kelayakan proyek itu,” kata Wahid.

Setelah prastudi kelayalakan selesai, diperkirakan memerlukan waktu tiga tahun untuk melakukan studi kelayakan sebelum proses konstruksi dimulai. “Bila semua lancar, konstruksi bisa dimulai 2012 dan selesai 2025,” ujar dia dalam makalah itu. hadi.suprapto@vivanews.com

Sumber:cerita menarik

12 responses

  1. Arif

    Lahan baru tuh,’basah’ bngt,para’tikus’kegirangan……

    August 18, 2010 at 5:58 am

  2. suwarno

    saya mendukung program ini, dan moho kepada instansi terkait perlu pngawasan yang
    ekstra tentang penggunaan dana…

    July 31, 2010 at 1:21 am

  3. guceng

    paling ntar besinya dicuri,,,,

    June 9, 2010 at 8:46 am

  4. mudah mudahan terwujud.dan tahun 2012 tak jadi kiamatnya…hahahahah

    March 14, 2010 at 5:36 am

  5. hengky

    wah…peluang lagi nih….

    September 19, 2009 at 5:52 am

  6. wah, indonesia segera bangun jembatan lagi ya, asal uangnya bisa digunakan sebaiknya jangan korupsi untuk pemerintahan, klo ingin indonesia bisa maju terus untuk mendapatkan langkah-langkah kemakmuran rakyat di indonesia nantinya.

    KEEP YOUR POSTS FRIEND

    August 25, 2009 at 4:21 pm

  7. bukannya SURAMADU yok????

    August 25, 2009 at 2:20 pm

    • facebooktrik

      bukan….itu yg menghububgkan jawa sama sumatra😀

      August 25, 2009 at 2:22 pm

  8. waaaa keren mudah mudahan ini terwujud

    salam kenal ea mas…🙂

    August 25, 2009 at 2:19 pm

  9. Fenomenal,Dahsyat,Berimbang, Spektakuler Mantabzz rek…

    August 25, 2009 at 2:18 pm

  10. wah.. berarti sudah tidak perlu naik rakit lagi donk kalau jembatannya sudah siap, yang penting jembatan tersebut bisa aman.

    August 21, 2009 at 6:22 pm

  11. bisa jadi akan menjadi objek wisata dunia nih, mas, mantab toh!

    August 20, 2009 at 12:22 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s