Wayang Multikultur Pukau Surabaya


Sangatmenarik.wordpress.com-Sebagai salah satu upaya untuk memperingati HUT RI ke-64, tiga dalang dari tiga etnis berbeda menggelar wayangan. Ketiganya membawakan lakon Gatotkaca.

Tiga dalang itu yakni Ki Entus Sumasono yang mewakili etnis Jawa, Ki Tee Boen Liong yang mewakili etnis China dan Ki Jayus Musa Al Jambari yang merupakan keturunan Arab. Perpaduan ketiganya menggambarkan persatuan Indonesia.

“Kami harapkan dengan pagelaran wayang ini bangsa Indonesia bisa bersatu tanpa membedakan etnis dan agama,” kata Ki Tee Boen Liong kepada wartawan sebelum pementasan Wayang Multikultur di Halo Surabaya, Jalan Bubutan, Senin (17/8/2009).

Dalam pagelaran yang dihadiri oleh ratusan warga Surabaya juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Pemprov Jatim Rasiyo dan Wakil Walikota Arif Affandi. Penonton disuguhi pertunjukan wayang yang benar-benar lintas etnis.

Selain dalang yang terdiri dari 3 etnis berbeda juga terdapat seorang sinden yang berasal dari Amerika Serikat. Di sela-sela pertunjukkan wayang juga ditampilkan kesenian Barongsai dan Reog Ponorogo. Penontonnya pun terdapat beberapa orang asing diantaranya dari Yunani.

Penampilan pertama dari Tee Boen Liong dan Jayus Musa Al Jambari. Tee menyelipkan beberapa kata China diantara bahasa Jawa halusnya seperti Ni Ho Ma yang artinya apa kabar.

Kontan saja penyelipan kata China itu membuat penonton tertawa terbahak-bahak. Sebelum acara Ki Entus Sumasono menyatakan bahwa acara ini merupakan acara persatuan budaya, etnis dan agama.

Ia menjelaskan, lakon Gatotkaca ini dipilih karena bangsa Indonesia khususnya Surabaya memerluka pemimpin yang adil dan bijaksana. Ia kemudian menyindir Ari Affandi.

“Kalau pak Arif jadi walikota nanti semoga kota ini bisa lebih baik,” tuturnya yang disambut senyuman oleh Arif.

wayangetnis

sumber: detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s