PSK Lebih Dipercaya Dari Pejabat Pemerintah


BEIJING-SURYA- Kehinaan yang selalu melekat pada profesi pekerja seks ternyata menunjukkan gambaran sebaliknya. Di China, para pekerja seks mendapat kepercayaan lebih tinggi ketimbang pejabat pemerintah.

Fakta ini terungkap dalam sebuah survei yang digarap majalah Xiaokang yang menyorot profesi paling dipercaya rakyat. Dalam survei ini 7,9 persen dari 3.376 responden memilih pekerja seks sebagai profesi paling bisa dipercaya. Di atasnya masih ada petani dan pemuka agama. “Daftar seperti ini mengejutkan sekaligus memalukan,” demikian editorial koran China Daily, Selasa (4/8) tentang survei yang digelar Juni hingga Juli ini.

Tidak ada penjelasan mengapa pekerja seks masuk tiga besar yang paling dipercaya di China. Bisa jadi ini menunjukkan betapa peran kelompok yang biasanya terpinggirkan ini cukup besar dalam kehidupan sosial di China.

Di bawah pekerja seks, berurutan beberapa profesi lain yaitu tentara dan mahasiswa. Sementara di bawahnya lagi, terdapat pejabat pemerintah ilmuwan, dan guru yang menduduki peringkat bawah sebagai orang yang layak dipercaya.

Sebagai surat kabar pemerintah, China Daily merasa prihatin atas hasil survei dari Majalah Xiaokang. Dalam kolom editorialnya, China Daily menilai bahwa hasil daftar itu mengejutkan sekaligus memalukan. “Pekerja seks secara tak terduga menduduki peringkat terhormat. Ini merupakan sesuatu yang tak biasa,” demikian editorial China Daily.

Harian itu pun memahfumi bila pejabat pemerintah kalah kredibel dibandingkan dengan PSK. “Berdasarkan sejumlah skandal yang menimpa para elit, posisi mereka tidak begitu buruk. Minimal, mereka tidak sampai terjerumus ke kelompok terbawah atau yang paling tidak dipercaya, yaitu developer real estat, sekretaris, agen, penghibur, dan direktur,” demikian ungkap China Daily.bbc/viv/sas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s