Anak Buruh dan Sopir Angkot Jadi Anggota Paskibraka


Selalu ada Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) baru dalam tiap upacara puncak peringatan nasional HUT RI. Anggota adalah remaja pilihan dengan berbagai latar belakang yang berbeda-beda.

Sama seperti sebelumnya, tahun ini ada 66 putra dan putri yang dipilih dari 33 propinsi se-Indonesia. Ada yang orang tuanya berprofesi sebagai pengusaha, PNS, anggota TNI/Polri, intelektual, buruh harian, dan sopir angkot.

Adalah Alfian Cunggiono, satu dari dua wakil dari Bangka Belitung. Siswa SMAN 1 Gantung, Belitung Timur ini adalah putra Vendy Siswono yang merupakan buruh harian.

Begitu pula dengan Fachrizca Aulia Zicri, dari Kalimantan Barat. Gadis yang lahir di Pontianak pada 1993 silam adalah putri dari keluarga Fauzi Akbar yang merupakan buruh harian.

Sedangkan Olizhia Jane Mairuhu adalah putri Agustinus Mairuhu, seorang sopir angkot di Ambon. Gadis kelahiran Mangole, Maluku, yang akrab dipanggil Jani ini bahkan terpilih jadi komandan upacara pengukuhan Paskibraka sore ini, Sabtu (15/8/2009).

Bersama 63 orang temannya dari 33 propinsi lainnya, mereka dikukuhkan sebagai anggota Paskibraka untuk bertugas dalam upacara puncak peringatan nasional HUT ke-64 RI. Upacara pengukuhan dilakukan oleh
Presiden SBY selaku Kepala Negara di Istana Negara, Jakarta.

Di dalam sambutannya, Presiden SBY mengingatkan bahwa para remaja itu terpilih untuk melaksanakan tugas bersejarah dan penuh tantangan pada 17 Agustus 2009.Artinya mulai kini mereka memasuki lembar baru dalam
kehidupan masing-masing.

“Saya harap agar laksanakan tugas itu dengan baik. Ke depan dengan lembar baru ini kalian benar-benar mengukir kehidupan yang baru sebagai pribadi yang unggul pada cabang profesi apa pun,” ujar SBY.

Sejumlah pejabat tinggi negara hadir dalam upacara pengukuhan ini. Di antaranya adalah Panglima TNI Djoko Santoso, Mennegpora Adhyaksa Dault, Mendiknas Bambang Sudibyo dan Gubernur Jawa Barat Ahmad
Heriawan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s