Ini Dia Gadget Buat Membekuk Noordin M Top


Akhirnya hari ini Kapolri mengumumkan identitas asli orang yang diduga sebagai Noordin M Top, Sabtu pekan lalu.

Kini jelas sudah, ternyata jenazah yang bersembunyi di dalam rumah di Temanggung Jawa Tengah, itu ternyata bukan Noordin M Top, melainkan Ibrohim.

Polisi butuh waktu lebih dari 17 jam, 600 anggota tim antiteror Detasemen Khusus 88, ratusan peluru yang dimuntahkan, serta tak kurang dari lima bom berdaya ledak rendah untuk melumpuhkannya. Tapi ternyata, Ibrohim tewas akibat satu luka di bagian punggung, yang itupun merupakan peluru pantulan.

Memang perlu kehati-hatian untuk membekuk Noordin yang dicurigai selalu melilitkan rompi berbahan peledak di tubuhnya. Namun, andaikan saja polisi menggunakan teknologi through-the-wall surveillance (TWS), mungkin polisi tak perlu melalui drama ‘mencekam’ selama 17 jam untuk membekuk Ibrohim di dalam rumah.

Sesuai dengan artinya – alat mata-mata tembus dinding, teknologi TWS mampu mengetahui lokasi dan gerak-gerik seseorang yang berada di balik dinding rumah, baik dinding kayu, bata maupun beton.

Dengan teknologi ini, tentara atau penegak hukum bisa mengetahui secara visual (dua dimensi maupun tiga dimensi): berapa orang yang sedang berada di dalam rumah, aktivitas apa yang sedang dilakukan, apakah bergerak atau diam.

Maka, alat ini sangat cocok untuk kegiatan penyelamatan penyanderaan oleh teroris, atau penyergapan seperti kasus Temanggung, karena dapat membantu polisi memperkecil resiko saat aksi dilakukan.

Dari jurnal yang dirilis oleh National Institute of Justice, badan riset di Departemen Kehakiman Amerika Serikat, TWS sebenarnya sudah mulai ada sejak lebih dari 10 tahun lalu.

Badan riset departemen pertahanan AS, Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) telah menggunakan sebuah perangkat portabel bernama Radar Scope Device di perang Irak.

Perangkat sebesar telepon dan berbobot 0,6 kg itu mampu mendeteksi obyek manusia yang berada di balik dinding beton selebar 30 cm, hingga jangkauan 15 meter. Belakangan, gadget yang ditenagai oleh dua baterai AA itu diproyeksikan untuk digunakan pasukan SWAT serta penegak hukum di negeri Abang Sam.

Kemudian DARPA juga membuat perangkat SoldierVision, yang mampu menyediakan gambar dua dimensi yang menunjukkan obyek yang berada di balik dinding beton dengan jarak jangkauan yang lebih besar, yakni 18 meter.

Sayangnya, ia tidak memenuhi standar yang ditentukan oleh badan sertifikasi AS FCC. Oleh karenanya dibuat perangkat RadarVision2 yang memenuhi standar ini. Hanya saja, RadarVision2 cuma bisa mendeteksi obyek yang jauhnya setengah dari jangkauan SoldierVision, yakni cuma 9 meter. Harganya sekitar US$ 20.000 atau sekitar Rp 200 juta.

Yang paling mutakhir, adalah perangkat besutan Camero, yang bernama Xaver 800. Perangkat sebesar laptop itu mampu menghasilkan citra 3 dimensi dari obyek yang dipindai di balik dinding dalam jangkauan hingga 20 meter. Ia juga bisa dioperasikan dari jarak jauh, atau dibawa oleh robot sehingga pengamat perangkat ini akan tetap terlindung dari bahaya.

Tak hanya mampu mendeteksi lokasi obyek di balik dinding, ia juga mampu mengenali bentuk ruangan di balik dinding, tinggi maupun pergerakan obyek yang diamati. Perangkat ini mendeteksi obyek dari balik dinding dengan menggunakan sinyal ultra wide band (UWB)

Berdasarkan pantulan sinyal yang ia terima, ia merekonstruksikan representasi 3 dimensinya ke dalam gambar visual. Namun, alat ini juga punya kelemahan.

Ia hanya mampu menampilkan gambar berresolusi rendah, tidak seperti gambar video. Tiap piksel pada teknologi TWS, tidak bisa menampilkan gambar obyek asli secara akurat.

Maka, akan sangat sulit membedakan, apakah obyek di balik dinding sedang menggenggam ponsel atau pistol. Ia juga tak mampu menembus dan mendeteksi obyek yang berada di balik dinding berlapis metal. Selain itu, ia juga

Walaupun demikian, mungkin dengan alat ini, Ibrohim bisa dilumpuhkan lebih cepat dari 17 jam, atau bahkan mungkin bisa dibekuk tanpa perlu membunuhnya, sehingga banyak keterangan penting yang bisa dikorek darinya.

Sumber: VIVAnews

5 responses

  1. ocim

    wuih keren

    d jual bebas nda yak !!!

    August 13, 2009 at 6:31 pm

  2. masifud

    Canggih euy….

    August 13, 2009 at 1:30 pm

  3. foto tante girang

    MUDAH2AN AJA BISA DIBEKUK,, JGN HANYA SANDIWARA,, HAAA HAAA HAAA

    August 13, 2009 at 6:42 am

  4. asep canda

    wow tu alat betul2 canggih tapi nurdin m top kya nya lebih pintar dech … heheheheh

    August 13, 2009 at 6:35 am

  5. blog baru

    pertamax, mantab sob, alat yg canggih buat intip2" eh buat penmantauan dink hhe🙂

    August 13, 2009 at 6:25 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s