JANGAN BENCI AKU, MAMA


Dua puluh tahun yang lalu saya melahirkan seorang anak laki-laki, wajahnya lumayan tampan namun terlihat agak bodoh. Sam, suamiku, memberinya nama Eric. Semakin lama semakin nampak jelas bahwa anak ini memang agak terbelakang. Saya berniat memberikannya kepada orang lain saja untuk dijadikan budak atau pelayan. Namun Sam mencegah niat buruk itu. Akhirnya terpaksa saya membesarkannya juga. Di tahun kedua setelah Eric dilahirkan saya pun melahirkan kembali seorang anak perempuan yang cantik mungil. Saya menamainya Angelica. Saya sangat menyayangi Angelica, demikian juga Sam. Seringkali kami mengajaknya pergi ke taman hiburan dan membelikannya pakaian anak-anak yang indah-indah. Namun tidak demikian halnya dengan Eric. Ia hanya memiliki beberapa stel pakaian butut. Sam berniat membelikannya, namun saya selalu melarangnya dengan dalih penghematan uang keluarga. Sam selalu menuruti perkataan saya.

Saat usia Angelica 2 tahun Sam meninggal dunia. Eric sudah berumur 4 tahun kala itu. Keluarga kami menjadi semakin miskin dengan hutang yang semakin menumpuk. Akhirnya saya mengambil tindakan yang akan membuat saya menyesal seumur hidup. Saya pergi meninggalkan kampung kelahiran saya beserta Angelica. Eric yang sedang tertidur lelap saya tinggalkan begitu saja. Kemudian saya tinggal di sebuah gubuk setelah rumah kami laku terjual untuk membayar hutang. Setahun, 2 tahun, 5 tahun, 10 tahun.. telah berlalu sejak kejadian itu.

Saya telah menikah kembali dengan Brad, seorang pria dewasa. Usia Pernikahan kami telah menginjak tahun kelima. Berkat Brad, sifat-sifat buruk saya yang semula pemarah, egois, dan tinggi hati, berubah sedikit demi sedikit menjadi lebih sabar dan penyayang. Angelica telah berumur 12 tahun dan kami menyekolahkan dia di asrama putri sekolah perawatan. Tidak ada lagi yang ingat tentang Eric dan tidak ada lagi yang mengingatnya.

Sampai suatu malam. Malam di mana saya bermimpi tentang seorang anak. Wajahnya agak tampan namun tampak pucat sekali. Ia melihat ke arah saya. Sambil tersenyum ia berkata, “Tante, Tante kenal mama saya? Saya lindu cekali pada Mommy!” Setelah berkata demikian ia mulai beranjak pergi, namun saya menahannya, “Tunggu…, sepertinya saya mengenalmu.

Siapa namamu anak manis?”
“Nama saya Elic, Tante.”
“Eric? Eric… Ya Tuhan! Kau benar-benar Eric?”
Saya langsung tersentak dan bangun. Rasa bersalah, sesal dan berbagai perasaan aneh lainnya menerpa diri saya saat itu juga. Tiba-tiba terlintas kembali kisah ironis yang terjadi dulu seperti sebuah film yang diputar dikepala saya. Baru sekarang saya menyadari betapa jahatnya perbuatan saya dulu.Rasanya seperti mau mati saja saat itu. Ya, saya harus mati…, mati…, mati… Ketika tinggal seinchi jarak pisau yang akan saya goreskan ke pergelangan tangan, tiba-tiba bayangan Eric melintas kembali di pikiran saya. Ya Eric, Mommy akan menjemputmu Eric…
Sore itu saya memarkir mobil biru saya di samping sebuah gubuk, dan Brad dengan pandangan heran menatap saya dari samping.
“Mary, apa yang sebenarnya terjadi?”
“Oh, Brad, kau pasti akan membenciku setelah saya menceritakan hal yang telah saya lakukan dulu.” tTpi aku menceritakannya juga dengan terisak-isak. ..
Ternyata Tuhan sungguh baik kepada saya. Ia telah memberikan suami yang begitu baik dan penuh pengertian. Setelah tangissaya reda, saya keluar dari mobil diikuti oleh Brad dari belakang. Mata saya menatap lekat pada gubuk yang terbentang dua meter dari hadapan saya. Saya mulai teringat betapa gubuk itu pernah saya tinggali beberapa bulan lamanya dan Eric.. Eric… Saya meninggalkan Eric di sana 10 tahun yang lalu. Dengan perasaan sedih saya berlari menghampiri gubuk tersebut dan membuka pintu yang terbuat dari bambu itu. Gelap sekali… Tidak terlihat sesuatu apa pun! Perlahan mata saya mulai terbiasa dengan kegelapan dalam ruangan kecil itu. Namun saya tidak menemukan siapapun juga di dalamnya. Hanya ada sepotong kain butut tergeletak di lantai tanah.
Saya mengambil seraya mengamatinya dengan seksama… Mata mulai berkaca-kaca, saya mengenali potongan kain tersebut sebagai bekas baju butut yang dulu dikenakan Eric sehari-harinya. .. Beberapa saat kemudian, dengan perasaan yang sulit dilukiskan, saya pun keluar dari ruangan itu… Air mata saya mengalir
dengan deras. Saat itu saya hanya diam saja. Sesaat kemudian saya dan Brad mulai menaiki mobil untuk meninggalkan tempat tersebut. Namun, saya melihat seseorang di belakang mobil kami. Saya sempat kaget sebab suasana saat itu gelap sekali. Kemudian terlihatlah wajah orang itu yang demikian kotor. Ternyata ia seorang wanita tua. Kembali saya tersentak kaget manakala ia tiba-tiba menegur saya dengan suaranya yang parau.

“Heii…! Siapa kamu?! Mau apa kau kemari?!”
Dengan memberanikan diri, saya pun bertanya, “Ibu, apa ibu kenal dengan seorang anak bernama Eric yang dulu tinggal di sini?” Ia menjawab, “Kalau kamu ibunya, kamu sungguh perempuan terkutuk! Tahukah kamu, 10 tahun yang lalu sejak kamu meninggalkannya di sini, Eric terus menunggu ibunya dan memanggil, ‘Mommy…, mommy!’ Karena tidak tega, saya terkadang memberinya makan dan mengajaknya tinggal Bersama saya. Walaupun saya orang miskin dan hanya bekerja sebagai pemulung sampah, namun saya tidak akan meninggalkan anak saya seperti itu! Tiga bulan yang lalu Eric meninggalkan secarik kertas ini. Ia belajar menulis setiap hari selama bertahun-tahun hanya untuk menulis ini untukmu…”

Saya pun membaca tulisan di kertas itu…
“Mommy, mengapa Mommy tidak pernah kembali lagi…?
Mommy marah sama Eric, ya? Mom, biarlah Eric yang pergi saja, tapi Mommy harus berjanji kalau Mommy tidak akan marah lagi sama Eric. Bye, Mom…” Saya menjerit histeris membaca surat itu.
“Bu, tolong katakan… katakan di mana ia sekarang? Saya berjanji akan meyayanginya sekarang! Saya tidak akan meninggalkannya lagi, Bu! Tolong katakan..!!”
Brad memeluk tubuh saya yang bergetar keras.
“Nyonya, semua sudah terlambat. Sehari sebelum nyonya datang, Eric telah meninggal dunia. Ia meninggal di belakang gubuk ini. Tubuhnya sangat kurus, ia sangat lemah. Hanya demi menunggumu ia rela bertahan di belakang gubuk ini tanpa ia berani masuk ke dalamnya. Ia takut apabila Mommy-nya datang, Mommy-nya akan pergi lagi bila melihatnya ada di dalam sana … Ia hanya berharap dapat melihat Mommy-nya dari belakang gubuk ini… Meskipun hujan deras, dengan kondisinya yang lemah ia terus bersikeras menunggu Nyonya di sana .
Nyonya,dosa anda tidak terampuni!”
Saya kemudian pingsan dan tidak ingat apa-apa lagi. (kisah nyata di irlandia utara)

About these ads

164 responses

  1. sungguh cerita yang sangat menyedihkan buat saya..tega sekali ibunya itu m,embiarklan nakny terlantar senidirian di gubuk tua tanpa ada yang mengurus siapapun..
    sungguh lejam..
    arusnya mau bagaimanapun keadaan anakmnya dia harus terima oke!!

    thx artikelnya gan

    June 23, 2014 at 5:55 am

    • kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T
      dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
      berikan 4 angkah 7955 alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
      dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
      ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
      allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
      kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
      sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
      .
      yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKI SOLEH,,di
      0823 1333 6747,, insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 275
      juta, wassalam.

      dijamin 100% jebol saya sudah buktikan…sendiri….

      Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!

      1″Dikejar-kejar hutang

      2″Selaluh kalah dalam bermain togel

      3″Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel

      4″Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat

      5″Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
      tapi tidak ada satupun yang berhasil..

      Solusi yang tepat jangan anda putus aza….AKI SOLEH akan membantu
      anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
      butuh angka togel 2D3D4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
      100% jebol
      Apabila ada waktu
      silahkan Hub: AKI SOLEH DI NO: (((082313336747))) ATAU KLIK DISINI

      angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/

      angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/

      angka GHOIB; malaysia

      angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/

      angka GHOIB; laos

      July 11, 2014 at 10:29 pm

  2. sarah

    Buat apa melahirkan anak, apabila di terlantarkan seperti itu. Tak terbayangkan bagaimana perasaan eric di saat itu. Sungguh wanita terkutuk itu wanita tidak mempunyai hati nurani dan tidak berperasaan sungguh jika aku menjadi ibu itu aku akan memikirkan itu dua kali. DAn apabila saya di posisi eric saya tidak akan tau apa yang harus saya lakukan. Lebih baik eric mati semenjak bayi,.

    March 14, 2014 at 7:11 am

  3. apa tidak bisa lebih menghargai… hh…

    February 25, 2014 at 5:33 am

  4. Anggita Putri

    Ibu yang jahat!

    February 17, 2014 at 4:58 am

  5. rina chen

    sedih, tapi jadikan pelajaran ^ _ ^

    January 31, 2014 at 2:42 am

  6. iidris

    menyesal ta ada guna

    December 20, 2013 at 2:21 pm

  7. al fauzan

    Ibu yg berdosa

    December 15, 2013 at 3:42 am

  8. che

    Yg nama’y penyesalan itu d belakang
    Kalo d dpan..itu nama’y pendaftaran

    December 6, 2013 at 6:43 am

  9. VIMAX berbagai produk dan metode menawarkan cara membesarkan alat vital dengan cepat dan aman, namun jarang yang benar-benar mampu membesarkan alat vital sesuai klaim mereka. Pada umumnya cara membesarkan alat vital yang ditawarkan tidak memberikan hasil yang diharapkan pria dewasa. Terkadang, berbagai cara tersebut juga tidak memberikan hasil yang permanen. Cara membesarkan alat vital memang berkembang dari sekadar menggunakan minyak atau alat bantu ke metode modern seperti Vimax.

    Vimax merupakan cara membesarkan alat vital pria terbaik di dunia saat ini. Obat Vimax ini menjadi sangat popular karena terbukti mampu membesarkan alat vital pria sesuai janji dari Vimax. Ukuran penis akan lebih panjang hingga 4 inci, dan membesar hingga 25%, dan yang terutama hasil yang didapat akan PERMANEN selamanya. Dengan Vimax, pria dewasa dapat memperbesar alat vital tanpa memandang usia…..

    http://www.pusatobat-priaperkasa.com/

    December 1, 2013 at 5:13 am

  10. Intan Siti N

    baguss cerita.a :(

    November 5, 2013 at 12:32 am

  11. Anzhe

    Kisah yang sngat mnyedihkan bagi Erick dan kisah yang tak pntas untuk trulang lagi dikehidupan anak-anak

    November 1, 2013 at 8:01 am

  12. dian

    Wow,,bnar ga ya ksih ibu sepanjang masa…

    September 23, 2013 at 8:49 am

  13. Miris banget deh

    September 10, 2013 at 1:56 pm

  14. kempul fucker

    Do gembeng kabeh .. seng lanang nganggo rok wae , seng wedok ngedot meneh wae .. suog

    July 8, 2013 at 7:57 am

  15. Yuli

    So sad… :'(

    June 19, 2013 at 2:04 pm

  16. claren M Al

    sy mau share kisah ini di facebook.. Macam mana ya?

    June 13, 2013 at 2:03 am

  17. membaca cerita ini sangat terharu. Trasa mnyntuh k.dalam ht,,, aqu yakin ibu trsbut gx akan mudah lupa bgtu saja tntang dia lakukan.. 1thn 2thn gx cukup tuk mlupakanya.. Aq brsyukur mempunyai ibu yg syg bgt ma saya.. Q gx trbayang jka posisi qu sprti erric

    May 27, 2013 at 12:34 pm

  18. nama nya dunia sementara. Hanya permainan belaka yg kita lalui. Dengan penuh cobaan.

    May 19, 2013 at 5:07 pm

  19. amiroh

    Kasihan banget!!

    May 7, 2013 at 10:26 am

  20. sherly

    sdih… :'(

    May 6, 2013 at 6:23 am

  21. titin hariani

    :(

    February 13, 2013 at 2:24 pm

  22. really touching :'(

    January 19, 2013 at 3:10 pm

  23. sangat mengharukan :'(

    December 30, 2012 at 11:05 am

  24. cerita nya bagus

    December 24, 2012 at 8:32 am

  25. Andre

    Aku sampai menangis membayangkan nasib si eric.

    December 21, 2012 at 1:10 am

  26. Zura

    ItU nama nya ga menerima knyata’an.

    December 10, 2012 at 7:45 am

  27. T__________________________________________________________________T SO SAD

    November 8, 2012 at 3:17 pm

    • ais

      lebay dehhhh alay lo

      February 9, 2013 at 7:20 am

  28. Febby Lengkong

    Pelajaran buat ibu2 : bagaimanapun anak yg kamu lahirkan, kamu harus menerimanya, menjaganya, membesarkannYa dgn penuh cinta kasih

    November 6, 2012 at 11:24 am

  29. zaick

    sepektakuler

    November 4, 2012 at 4:44 am

  30. Icha

    sediihhhh bca’a :'(

    October 27, 2012 at 8:22 am

  31. agustina

    Ya….. allah kok ada ibu yg tega melakukan perbuatan seperti itu?! jadi ikut sedih menjadi eric..,.

    October 12, 2012 at 3:18 am

  32. duh jd pingin nangis

    October 7, 2012 at 4:24 pm

  33. Y allah mengharukan sekali

    September 20, 2012 at 3:46 pm

  34. siska

    hemm gak sdar air mata langsg jtuh

    September 2, 2012 at 3:40 am

  35. Hesty rania

    Menyentuh banget,,aqu smpe nangis

    August 24, 2012 at 4:37 am

  36. menyentuh bgt…
    smg g trjadi sm klwrga qt yg lain ny…

    August 22, 2012 at 3:10 pm

  37. asa

    biasalah nyesalnya telat

    August 19, 2012 at 2:10 pm

  38. subhannallah…

    July 23, 2012 at 3:59 am

  39. Hiks hiks͵ menyedihkan bgt ceritanyaa hiks
    ;(

    July 21, 2012 at 10:33 am

  40. nd iting

    cerita bgus bngt.
    Menyentuh hati

    July 19, 2012 at 7:53 am

  41. huuuuiii……. hhee..;( kasihan sampai menyantuh lubuk hati…. !!?? ;(

    July 15, 2012 at 8:12 am

  42. fian

    z allah dlem bgt crtanya

    July 5, 2012 at 6:25 am

  43. nova

    huwahh menyentuh bangett ceritanya :'( *nangis*

    June 26, 2012 at 3:26 am

  44. Keren kali cerita nya,,
    beehh,,
    sampai nangis dalam hati ;(

    June 22, 2012 at 10:35 am

  45. Cerita_nya serious banget menarik terharu baca_nya … Kasihan eric huhc.

    June 18, 2012 at 12:37 pm

  46. Ratika

    Cerita ya menrik bget,,,sugguh ksah yg sgt menrik skligus bsa jdi pljaran bgi kta,,q yg mmbaca y aja tetes air mta tampa q sengaja..pesan q
    jgn ska membda2kn anak yg stu dan yg laen ,,krna dbda-bdakn itu rsa y skit skli, pa lgi ne anak kndung sendri..
    Siapa cba yg mau dlhirkan dgn cacat .smua tak ada yg mau tpi itulah knyataan yg hrus dambil dan dsyukuri…jka kta bsa memilih pasti kta pngen dlhirkan sempurna..hmmmm itu smua tdak mungkin bsa lakukan

    June 16, 2012 at 12:12 pm

  47. Naida

    Terharu skali bca critaNya..
    Smpai gx bsa nahan air mata.

    June 16, 2012 at 7:47 am

  48. Ari santosa

    subhanallah

    June 8, 2012 at 3:30 pm

  49. via

    menagis….hanya itu yang bisa mengungkapkan semwaxa…..eric,,bahagialah di sana bersama malaikat….

    June 7, 2012 at 10:08 am

  50. fika d'fhyieshyie queen

    Trharu bnget stelah bca crita ini ,,
    mnyesal d’kmudian hri tk akn ad guna’y lg ,,
    Krna wkt tdk bsa d’putar ,,

    May 28, 2012 at 11:53 pm

  51. Pengen nangis..;-(

    May 25, 2012 at 2:05 pm

  52. SAMSUL BAHRI

    Tuhanku..sediakanlah surga yang indah buat erik dan mamanya.amin

    May 21, 2012 at 5:10 am

  53. Rina

    Wìiss
    Cerita_a keren bget, sampe bunda aq yg baca jga ikut meneteskan air mata.

    Tpi untunglah aq punya bunda yg ngk sepdrti momy erik.

    May 8, 2012 at 9:17 am

  54. xxxx

    klo liat kisah ni jadi timbul petayaan,
    masihkah surga ada di telapak kaki ibu???

    May 6, 2012 at 1:20 pm

  55. faisal

    semua orang mempunyai masa yg lalu yg suram..yang trpenting sprt ap dri kta saat in

    May 5, 2012 at 9:19 pm

  56. Nice article

    May 5, 2012 at 8:01 am

  57. aih..
    gakbisa berkata apa-apa lagi

    May 2, 2012 at 4:08 am

  58. Anda memang ibu yg kejam
    Tahukah anda,
    Di belani eric mnunggu wlau di terpa angin hujan panas hanya demi menunggu anda

    Sungguh tidak punya hati

    May 1, 2012 at 6:29 am

  59. Baca lagi…

    April 21, 2012 at 12:49 pm

  60. ardiani

    bagus…sampai menyentuh hati saya…

    April 18, 2012 at 5:59 am

  61. assalamualaikum.. :’)
    aku suka bacain artikel2 disini. tp kenapa udh lama gini gapernah update2 lg ya artikelnya? update lg dong. :’) tnx, salam.

    April 11, 2012 at 12:20 pm

  62. biar kata tatoan baca ni cerita kagak malu ane air mata tumpah..

    April 4, 2012 at 1:47 pm

  63. wahyukhan

    mantaaplahhh ceritana

    hahahha salam kenal

    April 2, 2012 at 8:12 am

  64. wahhhh….terharu saya sob…memang penyesalan datang setelah terjadi…salam sukses.thanks

    March 14, 2012 at 1:26 pm

  65. Marco

    Don’t do it @ur life…love u so much my child

    March 9, 2012 at 1:41 pm

  66. velica saan

    hemmmt sedihnye…love you mom

    March 7, 2012 at 4:19 am

  67. mariyati

    duh mau nangis sedih bangat

    February 29, 2012 at 6:17 am

  68. hmmm..terharu…

    February 22, 2012 at 7:21 am

  69. rian

    tiap x bc cerita ini air mata psti ngalir..

    February 16, 2012 at 5:07 am

  70. emink naik scoopy

    ngga tErsa air mataq menetes,,,,hkhk terharu……

    January 28, 2012 at 12:56 pm

  71. emink naik scoopy

    ngga kerasa air mataku mengalir dgan sendrinya… terharu……

    January 28, 2012 at 12:54 pm

  72. keren….

    January 17, 2012 at 1:25 pm

  73. icemah_imoet

    :-( sngguh mnyntuh, saya mhn izin copas, jdi terinspirasi..

    January 11, 2012 at 4:07 pm

  74. kisah yang sangat menarik …menyentuh hati

    January 11, 2012 at 1:33 pm

  75. Saya repost disini ea ..http://mukaprimitif.blogspot.com/2011/12/jangan-benci-aku-mama.html

    December 21, 2011 at 9:39 am

  76. Saya repost di sini ya .. http://mukaprimitif.blogspot.com/2011/12/jangan-benci-aku-mama.html

    Terima kasih

    December 21, 2011 at 9:37 am

  77. em sangat menyentuh..py ni serius nyata..?? bleh riques gx certita yg membangun kita hehe…trims

    December 16, 2011 at 6:50 am

  78. keren ceritanya..bner knytaan ya..?? kalo bisa post cerita yg membangun dunk..trims

    December 16, 2011 at 6:38 am

  79. Mr. Yanker

    Fiksi atau nyata????

    December 2, 2011 at 3:28 am

  80. Dwibi

    Betapa kejamny ,,
    ksah yg sngat tragiz bgt ampe air mta q mngalir mbacany…

    November 30, 2011 at 2:32 pm

  81. TikTik Emma

    I like it ..
    nambah pengalaman .. :)

    November 20, 2011 at 4:21 am

  82. Fifi

    Kasihan banget, aku pasti akan sedih juga kalau ada di posisi nya eric…
    Mengharukan. I love my mom..

    November 13, 2011 at 2:28 pm

  83. alicciia sandrez

    . y aMpunn . sdiihnya .!:'(

    November 5, 2011 at 11:35 am

  84. nanda Mega Lovita

    Sedih banget cerita ny :(
    kejam bnget sich mommy ny
    sampai” ank kndung ny sndri d tinggal kn ……
    :/

    November 4, 2011 at 10:57 am

  85. masyaallah, memang penyesalan datang terlambat, y allah jngan engkau beri hamba sifat kera hati sampai nangis aku bacanya….

    October 28, 2011 at 10:41 pm

  86. vee

    so real..

    October 28, 2011 at 12:59 pm

  87. heemmm…

    October 18, 2011 at 4:54 pm

  88. Ipeh

    Subhanalloh…
    Ini adl plJran untk qt smw…

    October 18, 2011 at 3:27 am

  89. sedihhhhhhhhhhhhh,,,,,,,,,,,,,,!!
    mhn ijin coppy mas,,,
    hikz hikz

    October 14, 2011 at 8:27 pm

  90. nice blog. .:)

    October 13, 2011 at 8:38 am

  91. cerita yang menyanyat hati………………lanjutkan

    October 6, 2011 at 3:24 pm

  92. Semua ini adalah cerita yang mampu menggetarkan jiwa kita, untuk kita praktekkan di dunia nyata…………..penuh inspiratif

    October 6, 2011 at 3:22 pm

  93. fita silvia

    sumpah demi apapun hati sesak membacanya :'(
    sungguh terlalu ibunya
    buat semua : sejadi2nya apapun anak kita,, kita tetap harus menyayanginnya

    September 18, 2011 at 6:09 am

  94. Sampai nangis saya membaca cerita ini. Ibunya sungguh keterlaluan. tidak berperikemanusiaan.

    September 5, 2011 at 3:57 am

  95. itu adalah pelajar an penting buat kita,, bukan hanya pada anak kandung ,keluarga tp orang yg sangat membutuhkan kita
    tidak ada kata terlambat didunia ini selagi kita masih bisa memijak kan kaki ketanah n menghirup udara,,,
    bapa yg disurga tidak pernah mengatakan” hai anak ku kamu sudah terlambat tp bapa yg disurga mengatakan haiii anak ku ingat hari2 mu ,,,, sbelum kamu menghadap aku”
    banyak manusia nya bisa meratapi tp tak bisa membuat at melakukan yg terbaik diinginkan nya ,,,,,,
    jd inti dalam kalimat di atas
    kita harus menyayangi sesama kita manusia , hewan tumbuh2an dll
    trima kasih GBU

    September 4, 2011 at 11:41 am

  96. so dramatic :’) saya reblog ya, makasih

    August 28, 2011 at 1:49 am

  97. Pingback: JANGAN BENCI AKU, MAMA « Putricaantika

  98. astagfirulloh

    August 19, 2011 at 7:06 am

  99. sediiih banget bacanya….

    August 8, 2011 at 7:40 am

  100. NIGHT…

    July 20, 2011 at 7:13 pm

  101. Ibuyang tak beriba.

    July 19, 2011 at 6:25 pm

  102. langsung nangis hiks…hiks…. :'(

    June 14, 2011 at 2:07 am

  103. critanya full spirit n full makna
    sya jga harus banyak belajar dari anda
    mkasih author…smangar bkin lgi,,,critanya bagus skali lanjutkan………..

    June 10, 2011 at 12:14 pm

  104. ade

    Ya Allah berikanlah kekuatan untuk hambamu ini untuk memiliki hati nurani yang besar untuk sesama dan untuk keluarga amin..

    May 27, 2011 at 4:00 pm

  105. dOna

    xpHam jLan cerIta…

    May 21, 2011 at 6:00 am

  106. iwan

    sumpeh sampe merinding bacanya ya alloh………….

    May 18, 2011 at 4:00 pm

  107. king sulthan

    subhanallah, mulia skali hati anak itu, smg arwahnya diterima disisinya allah, n buat para ibu trimalah anak kita apa adanya, anak titipan allah yg hrus kita jaga,

    May 13, 2011 at 2:38 pm

  108. May 10, 2011 at 5:41 pm

  109. Cerita yang bagus, Penyesalan tak da artinya lagi…

    April 29, 2011 at 1:45 pm

  110. Na

    sumpah keren banget story ny.mata w ampe nangis.jangan membedakan anak mskpn dia agk trblkg mntal.erik,is th best lah.

    April 27, 2011 at 11:05 am

  111. yaz

    cerita sungguh sedih dan sangat mengharukan
    aQ sampai berkali2 membacanya
    hingga tak bosan membacanya sampai air mana pun menetes tanp[a kusadari,..
    cerita baguuuus bgt,..

    March 28, 2011 at 2:01 am

  112. ivonne

    ibu yg berhati iblis

    March 17, 2011 at 12:55 am

  113. ih ceritanya sedih banget gue ngak akan pernah kayak gitu deh, mendingan menyayangi orang tua aja

    salam semangat

    februari,14,2011

    March 14, 2011 at 3:54 am

    • habis membaca cerita ini gua jadi sedih, terima kasih ya erik

      februari,14,2011

      March 14, 2011 at 3:58 am

  114. dadang

    demi nama Alloh, kekuasaan yang berada dalam genggamanny.. sungguh Alloh tidak akan menciptakan manusia dengan sia2.. belum cukupkah kita belajar dari kehidupan ini..

    March 13, 2011 at 11:46 am

  115. sasa

    habis membaca crita ini,
    aku jadi semakin sayang ma ibuku,
    makasih erik,.
    Scara nggak langsung kau telah memberi tauladan yg baik.
    Smoga kau mendapat tempat yg mulia di sisi Allah SWT..

    March 12, 2011 at 6:48 am

  116. Subhannalloh,airmataku mengalir deras,dg erik yg setia mnunggu mommynya,sambil menitipkan pesan demi cintanya pada ibunya.meski ibunya meninggalkannya.

    March 3, 2011 at 8:26 am

  117. dewie cutee

    kasihan bgt ya anak itu,tnpa sadar air mata ku kluar bc cerita ini,,sngguh mngharukan,,,plajaran berharga bwt kta smua,,..cintailah keluarga,darah dging kta,,apa ada nya….

    March 3, 2011 at 5:52 am

  118. Amin

    “Mommy,
    mengapa Mommy tidak pernah kembali lagi…?
    Mommy marah sama Eric, ya?
    Mom, biarlah Eric yang pergi saja,
    tapi Mommy harus berjanji
    kalau Mommy tidak akan marah lagi sama Eric.
    Bye, Mom…”

    Puisi terindah dari seorang anak yang sungguh mencintai sang ibu.

    February 18, 2011 at 7:26 am

  119. sedih jugak kisah ini…punya tauladan yg bagus untuk ibu-ibudi luar sana yg belum menyadari akan bernilainya anak mereka…justeru itu…sya seru kpd ibu2…syangilah ankmu seadanya…

    February 5, 2011 at 2:02 pm

  120. indah

    subhanallah, cerita ini membuat hati ku trenyuh, dan hati mau menangis sedih,penderitaan seorang anak,bagaimana nasib ibu nya,dia pastiakan hidup adalm penyesalan, mudah2an erik bisa memaaf kan anak nya

    January 30, 2011 at 2:27 am

  121. zul f pul

    aku sngguh trharu ..krna kshnya mrif dngn aku

    January 25, 2011 at 8:05 am

  122. zul f pul

    Aku trharu ..mmbacanya..aku jg pnya ksh yg hmpir sama dgn wanita ini

    January 25, 2011 at 7:53 am

  123. Nunu

    mengharukan……………………..

    January 22, 2011 at 8:03 am

  124. iin

    KEREEEEEEEEEEEEEEEEN…!!!!!!!!!!!!!

    January 22, 2011 at 8:02 am

    • danty

      ini adalah cerita megesankan yang pernah ku dengar yang sangat menyentuh dn tolong untuk para ibu di seluruh dunia hargai lah anak kalian meskipun mereka punya kekurangan

      March 14, 2011 at 10:10 am

      • danty

        sangat menyentuh

        March 14, 2011 at 10:15 am

  125. awliya

    minta izin buat ngopy ya…

    January 11, 2011 at 4:30 am

  126. hana

    sbgi seorng ibu seharuz.y menerima anak aapaada.y……..

    January 7, 2011 at 6:46 am

  127. zain

    smoga ni pelajaran buat semua wanita

    January 4, 2011 at 12:51 pm

  128. Yepe

    Ibu terkutuk…

    December 30, 2010 at 12:56 pm

  129. ayu

    numpang unduh bwt taro di blog yah… jd sakit hati bgt bca critanya…

    December 25, 2010 at 12:36 pm

  130. minta ijin buat copy ke blog, ya :)

    December 21, 2010 at 5:39 am

  131. ida

    hadufff,,,,perasaaku ikut sakit setelah membaca cerita ini

    December 17, 2010 at 1:42 pm

  132. asaga

    sebenarnya crita ni udah lama da n dlu w prnah membacanya n sampe skarang przaan w ttp zama saat mmbacanya lagi..
    hal yg paling myedihkan adl mlakukan ksalahan yg gak bisa diperbaikin…
    mungkin ibu tu emg brsalah tp slamanya dia akn hdup dlm pnyesalan..
    smoga eric mmaafkan ibunya..dan diterima disisi Allah yang maha pengasih
    dan smoga para ibu tak merasakn pnyesalan..ni plajaran yg tkan dlupakan

    December 7, 2010 at 6:42 pm

  133. mawardah

    tega banget tuh ibu.
    kasiannya eric itu .

    November 24, 2010 at 3:52 am

  134. sulthon agung

    maaf kalau sy menyebut ibu adalah manusia terhina yg ada d bumi ini.

    November 14, 2010 at 2:58 am

  135. icha

    itulah cerita yang bagus yang mana bisa digunakan cerminan bagi kita untuk para ibu tentunya untuk tidak meningglkan anaknya sendirian dalam keadaan apapun

    November 10, 2010 at 12:03 pm

  136. jangan pernah mengabaikan karunia ALLAH,apa ia itu terlahir normal atau cacat teteplah namanya anak darah daging sendiri.penyesalan datangnya belakangan,jadikan cerita ini sebagai pelajaran bagiyang berpikir..

    November 10, 2010 at 10:32 am

  137. roni

    SubhanAllah…

    Akan kah aq bisa seperti eric yang tabah dan sabar…

    Semoga kita menjadi orang tua yang bertanggung jawab atas Amana Allah……..

    November 6, 2010 at 2:33 pm

  138. Nov30

    Saat membaca cerita ini, air mataku tak henti2nya mengalir. Cerita ini, adalah penyemangat saya utk slalu berusaha membesarkan anak2 dengan baik. Takkan pernah kutinggalkan anak2ku walau dalam cobaan seberat apapun. Kakak cantik, dedek ganteng….mama tetap berjuang utk kalian.

    November 5, 2010 at 6:09 am

  139. agus

    aku betul betul menangis…karna hampir mirip dengan kisahku….cuman ini karna keegoisanku….kehidupan rumah tanggaku retak…tp aku nggak mau meninggalkan anak anakku….aku saat baca ini menangis sejadijadinya…walu diri ini seorang laki lai…..makasih ya smg menguatkan hatiku

    November 3, 2010 at 7:24 am

  140. penuh hikmah :)

    November 2, 2010 at 12:35 pm

  141. stenly febrianda

    ya tuhan ..aku menangis..
    sedih nya cerita yg bagus..
    menyentuh..

    October 30, 2010 at 3:00 pm

  142. arie

    ALLAH HUAKBAR..
    membaca cerita di atas.
    saya jadi ingin menangis..
    :((

    October 29, 2010 at 1:38 pm

  143. Naudzubillahi min dzaliq..

    October 29, 2010 at 4:19 am

  144. Fajar

    Subhanallah.. Saya terharu dan sedih membacanya..

    October 26, 2010 at 4:53 am

  145. ya allah..

    betapa keras’a prasaan eric tuk menemui ibu’a yang telah meninggalkan’a 10 tahun..

    betapa tega’a ibu yang telah melahirkan’a meninggalkan ia sendiri di gubuk yang tua..

    penyesalan ibunda yang datang terakhir, membuat air mata ini mengalir.. :'(

    October 20, 2010 at 8:26 am

  146. ucy

    subhannallaah …

    tanpa terasa air mataku keluar menangis
    membacanya. bersyukur , kita mempunyai orangtua terutama ibu yang baik sayang dan cinta pada kita anak2nya

    October 13, 2010 at 1:59 am

  147. tjiang

    crta ni mbwt z mrinding…..
    hiiiiiiiiii…

    October 12, 2010 at 12:22 pm

  148. Ria Febri

    Semoga tidak ada Eric2 lagi yang mengalami kehidupan pahit yang tidak dia kehendaki untuk dilahirkan. Semoga Eric mendapatkan surga yang indah disisi Allah. Amiin.

    October 12, 2010 at 6:38 am

  149. Muhammad Husain

    cerita nya bagus sekali !!
    sampe terharu saya !!

    October 3, 2010 at 10:40 am

  150. adi

    hufttt
    sdih
    penyesalan selalu terlambat

    October 2, 2010 at 12:41 pm

  151. …aku hanya dapat meneteskan air mata ini…ya allah berikan eric tempat yang paling indah disisimu…I LOVE YOU MAMA

    October 2, 2010 at 11:55 am

  152. tia mumut

    subhanallah..
    saya sungguh terharu membaca cerita ini..

    October 1, 2010 at 5:41 am

  153. Dadang Wahyudin

    Saya sangat terharu sekali, sampai airmataku berlinang. Eric adalah sosok anak yang tidak berdosa yang masih suci. Begitu cintanya pada Mommy ia rela menunggu sampai akhir hayatnya.

    Janganlah kemiskinan menjadikan kita putus harapan, Tuhan beserta kita.

    September 22, 2010 at 8:43 am

  154. elsy

    Eric, kau adalh cahaya indah dalam keluarga,
    Kau membuatku selalu ingin memeluk buah hatiku tercinta,
    Bahagialah kamu sayang dgn di temani malaikat2 syurga

    September 8, 2010 at 4:42 pm

    • liviya

      semoga tidak akan pernah ada ibu yang seperti dia lagi.sangat kejam bahkan sampai ananya meninngal baru dia ingat.dan semua sudah terlambat…

      September 15, 2010 at 7:55 am

  155. Ratyufelliy

    Ih sedih bgt jd eric, t’nyta msh ada sja org tua sprti itu, t’hdap anak’a sndiri pula,

    memang pnyesalan slalu akan da diakhir
    moga ne kan jd pljran bwt kita smuah. . .

    August 31, 2010 at 11:02 pm

  156. nazwanazila

    sangat keji sekali, padahal sebelum meninggalkan anaknya, dia harus berfikir lebih keras lagi saat dia melahirkan..sungguh ilmu yang sangat berharga,,mudah-mudahan ada hikmahnya

    Salam Semangat

    :):)

    August 30, 2010 at 8:06 am

    • berkah ya forman

      terlalu eh terharu

      December 16, 2011 at 4:19 am

      • Apriana

        Sedih banget..
        Sampe nangiss..
        ;(

        May 19, 2013 at 10:19 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 39 other followers